Review Intercontinental Bandung Dago Pakar Club InterContinental Panorama Room (Era COVID 19)

by Ayo StayCation

Seperti yang sudah ada di posting sebelumnya bahwa tujuan menginap di Intercontinental Dago pakar ini adalah untuk mendapatkan folio (invoice menginap) yang akan digunakan untuk status match Marriott BONVOY, walaupun begitu kami tetap ingin mendapatkan pengalaman menginap yang terbaik oleh karena itu kami memesan King Club Intercontinental langsung melalui aplikasi IHG yang telah membeli Intercontinental Ambassador.

Sekilas Pandang Intercontinental Bandung

Intercontinental Bandung Dago Pakar merupakan salah satu hotel dari sedikit hotel bintang 5 yang ada di kota Bandung. Dengan menempati lokasi diarea Dago atas membuat hotel ini memiliki suasana yang sejuk dan asri yang tentunya dipadu dengan pemandangan cantik khas kota Bandung terhampar di depan hotel ini. Untuk mencapai hotel ini kita akan melewati beberapa tempat yang cukup iconic di Bandung seperti jalan Ir H Juanda (jalan dago), pasar dago, Taman Hutan Raya dan beberapa restoran cafe yang ada di dago atas.

Dikarenakan saat kami menginap ini masih dalam masa pandemi maka perjalanan dari pusat Bandung menuju hotel ini tidak memakan waktu yang lama dibandingkan saat sebelum pandemi dimana hari Minggu didaerah Dago Atas hampir selalu macet dan penuh. Saat memasuki area komplek hotel Intercon Bandung ini langsung di sambut oleh petugas security untuk mengecek keamanan seperti pada umumnya (buka bagasi dan cek bagian bawah mobil). Setelah cek selesai dan mengambil tiket parkir , kami langsung menuju lobby untuk drop barang bawaan beserta anak istri. Bangunan hotel ini terlihat masih cukup baru dan terawat, area parkirpun luas jadi disaat pandemi ini akan sangat mudah mendapatkan parkir di Hotel ini tapi jika kondisi normal kemungkinan tidak berlaku.

Gedung hotel Intercontinental Bandung

Setelah menurukan barang dan parkir mobil selanjutnya adalah menuju lobby untuk melakukan proses check in, walaupun ini masa pendemi tapi hotel ini dihari minggu menuju senin masih cukup banyak tamu hotel yang melakukan check in. Pada saat check in bagian resepsionis tidak aware dengan status IHG Ambassador kami dimana kami awalnya tetap diberikan kamar King Club Intercontinental, tapi setelah saya infokan bahwa saya memegang IHG Ambassador barulah kamar di Upgrade ke Panorama Club Room yang merupakan kamar standar kategori tertinggi (saat kami menginap, kamar suite sedang tidak dibuka/tidak tersedia di aplikasi). Selain upgrade kamar kami juga mendapatkan benefit voucher Rp 180.000 yang bisa digunakan untuk dining, proses check in tergolong cepat walaupun ada kendala sedikit.

Intercontinental Bandung Lobby

Setelah selesai melakukan check in kami bergegas menuju lantai 8 bersama dengan Bell Boy yang sangat ramah membawakan koper dan bawaan kami lainnya. Kamar kami terletak di sisi kanan hotel dengan pemandangan 90 derajat kota Bandung yang sangat menawan.

Kebersihan Dan Protokol Kesehatan

Di era COVID 19 ini kebersihan merupakan isu yang sangat penting dimana protokol kesehatan wajib untuk dijalankan untuk menekan dan mengurangi penyebaran virus COVID 19. Hotel Intercontinental Bandung Dago Pakar yang merupakan jaringan dari IHG menurut kami memberikan dan melakukan protokol pembersihan kamar yang cukup baik. Pada saat kami masuk kami di berikan Sanitary kit berupa masker, tissue basah dan Hand Sanitizer beserta selebaran IHG Clean Promise yang juga menyertakan nama petugas yang melakukan pembersihan.

IHG CLEAN PROMISE

Kamar

kamar panorama club

Kamar tipe Panorama Club ini merupakan kamar standar terluas di Intercontinental Bandung dengan luas 57 meter persegi yang terletak di hook sehingga kita bisa melihat keindahan kota Bandung 90 derajat. Kamar ini cukup memanjakan sekali pengunjung karena memang pemandangan kota Bandung terhampar luas di depan mata sisi depan dan samping. Untuk kelengkapan kamar sendiri tergolong standar sesuai dengan kategori bintang 5 yang di sandang oleh hotel ini.

welcome fruit
mesin pembuat kopi
meja kerja
safe deposit
televisi

Kamar Mandi

Menurut kami area kamar mandi ini lebih menarik dibandingkan dengan kamar utamanya sendiri karena view dari Bathtub sangat bagus sekali. Pada saat malam hari bisa berendam air hangat sambil meneguk segelas kopi panas sekaligus menikmati indahnya lampu kota Bandung (walaupun tidak di lakukan pada akhirnya). Kamar mandi nya tergolong cukup luas dimana terdapat 2 wastafel serta kamar mandi dan closter terpisah.

Sabun, shampo dan kondisioner merk AGRARIA
wastafel
kamar mandi
great bathtub
area kamar mandi menghadap kota

Club Benefit

Kami sebelumnya belum pernah menginap di hotel memesan kamar yang tingkatannya tergolong tinggi, biasanya jika kami menginap di hotel kami menginap di kamar dengan kategori bawah karena paling murah. Kami baru tahu jika beberapa hotel terutama bintang 5 memiliki fasilitas Club jika memesan kamar kategori atas salah satunya adalah hotel intercontinental Bandung ini. Ternyata kamar yang kami pesan memiliki fasilitas Club seperti afternoon tea dan evening cocktail, sangat menyenangkan sepertinya. Saat sebelum pandemi saat afternoon tea dan evening cocktail tersedia makanan yang cukup banyak disertai dengan free flow drink seperti tea, coffee dan juice. Namun karena saat ini era COVID jadi fasilitas club sangat dibatasi dan makanan hanya di berikan dalam bentuk set serta minuman masih free flow hanya saja terkesan tidak bisa menambah minuman sepuasnya.

salah satu nilai lebih dari fasilitas club ini adalah pemandangan yang tersaji saat menikmati afternoon tea maupun evening cocktail. Karena kami rasa dengan perbedaan harga kamar dengan fasilitas CLub dan tidak dengan fasilitas club cukup jauh, kami rasa fasilitas ini tidak terlalu worthed untuk dicoba di masa COVID.

Afternoon tea hanya mendapatkan set menu kecil
pemandangan saat afternoon tea
evening cocktail
pemandangan malam hari saat evening cocktail

Sarapan

Sarapan dihotel ini dibagi 2 sesi untuk mengurangi penumpukan pengunjung dan agar bisa dilakukan sosial distancing selama pandemi ini berlangsung. Tipe breakfastnya adalah semi buffet dimana nantinya makanan diambilkan oleh pihak hotel demi keamanan. Makanan yang tersaji cukup banyak dengan rasa yang kami rasa cukup enak.

dessert
bubur ayam
cookies

Sehabis sarapan biasanya kami sekeluarga akan berenang, kamipun bergegas ke kolam renang setelah sarapan.

Namun saat kami menuju kolam renang ada banyak orang yang berenang, karena kami tidak mau mengambil resiko maka kami batalkan untuk tidak berenang mengingat bahayanya penyakit ini jika sampai tertular. kamipun memberikan semacam kompensasi kepada kedua anak kami untuk berenang di Bathtub saja.

berenang di bathtub

Late Check OUT

Salah satu fasilitas dari Intercontinental AMBASSADOR adalah garansi late check out sampai pukul 16.00, pada pukul 11.00 WIB kamipun konfirmasi mengenai fasilitas ini tapi ternyata benefit ini belum ter knowledge dengan baik oleh pihak receptionis. Pada akhirnya setelah pembicaraan yang cukup panjang kami bisa mendapatkan late check out kami sampai dengan pukul 16.00. Pukul 16.00 kamipun check out dan mendapatkan folio untuk status match dengan marriott BONVOY.

Kesimpulan

Menginap di kamar Panorama club Hotel Intercontinental Bandung Dago Pakar ini cukup menyenangkan dengan berbagai fasilitas. Namun fasilitas club yang didapat selama pandemi COVID ini saya rasa kurang maksimal dan cenderung medioker sehingga menimbulkan sedikit kekecewaan. Selain itu dari awal terlihat status membership kami sebagai IHG Ambassador kurang di perhatikan dengan baik melihat kamar yang tidak di upgrade saat awal dan tidak bisa late check out, walaupun pada akhirnya di upgrade dan late check out tapi hal tersebut harusnya bisa di lakukan dari awal karena memang itu adalah garansi dari membership yang kami ikuti.

Penilaian selama stay disini adalah 7/10

Leave a Comment